Sabtu, 22 November 2014

Kegunaan lampu HID

Kegunaan lampu HID


Pada penulisan kali ini saya akan membahas penggunaan lampu HID dan beberapa manfaat yang di didapat dari lampi tersebut.Mungkin selama ini kita bingung apa yg dimaksud oleh HID. Singkatan dari HID adalah High Intensity Discharge.
HID adalah sebuah tipe lampu elektronik yang cahayanya dihasilkan oleh semacam busur listrik diantara elektroda tungsten yang berada didalam gelas kaca. Di dalam tabung gelas kaca ini di isi oleh gas xenon dan garam metal. Gas xenon itu bertugas untuk membantu permulaan awal busur listrik. Setelah busur listrik menyala, garam metal tersebut akan memanas dan menguap menghasilkan plasma, yang secara sendirinya akan menaikan intensitas cahaya yang dihasilkan oleh busur listrik tersebut dan secara bersamaan, menurunkan pemakaian daya listrik.
Pada awalnya, mercury banyak digunakan di lampu HID komersial. Karakter lampu yang dihasilkan oleh keberadaan mercury ini adalah cahaya yang biru kehijauan, tetapi sekarang ini, produsen lampu hid, dapat menghasilkan warna cahaya yang lebih bagus tanpa menghasilkan cahaya khas biru-kehijauan tersebut. Di jaman sekarang yang segalanya serba “Go Green”, penggunaan mercury sebisa mungkin tidak di gunakan lagi, dan bohlam lampu HID lebih cenderung menggunakan uap sodium dan metal halide.
Salah satu contoh kegunaan lain dari lampi HID adalah banyak digunakan oleh perkebunan di dalam ruangan, yang dimana tumbuhan-tumbuhannya sangat memerlukan cahaya matahari yang tinggi. Lampu HID yang khususnya mengandung metal halide dan sodium bertekanan tinggi, menjadi pengganti sinar matahari yang diperlukan oleh tanaman tersebut.
Untuk dapat mengetahui apakah bohlam HID sudah berada di akhir masa pemakaian, banyak bohlam HID menunjukan fenomena yang sering disebut sebagai “cycling”. Lampu tetap dapat dinyalakan dengan voltase yg relatif rendah, tetapi, ketika bohlam memanas, tekanan gas didalam tabung busur juga naik dan voltase yang lebih tinggi diperlukan untuk dapat mempertahankan nyala lampu. Semakin tua bohlam HID, diperlukan voltase yang semakin tinggi untuk mempertahankan nyala lampu. Voltase yang semakin tinggi itupun akan mulai melewati standar operasi voltase yang diberikan oleh ballast HID. Ketika bohlam memanas sampai di titik ini, busur akan mulai rusak dan lampu akan mati.Jangan kaget jika terkadang, tabung kuarsa yang berada di dalam bohlam HID yang berisi mercury dapat meledak atau pecah, khususnya jika bohlam tersebut telah rusak, melemah setelah banyak dimatikan dan dinyalakan, atau ketika tekanan yang berlebihan dikarenakan temperatur yang tinggi. Jika hal ini terjadi, segera hubungi produsen mobil anda atau produsen lampu HID yang anda beli untuk dapat di tindak lanjuti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar