Minggu, 16 November 2014

Manfaat Listrik Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Listrik Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat listrik bagi kehidupan manusia pada awalnya baru dirasakan oleh penduduk yang tinggal di daerah perkotaan. Pada era tahun 1960an, kami yang tiggal di kawasan pedesaan belum menikmatinya. Keadaan kampung saya gelap gulita kalau malam hari. Maklum lampu penerangan di jalan hanya berupa ting (lampu teplok), demikian pula di dalam rumah. Tidak semua penduduk mempunyai lampu petromaks. Lampu teplok ada yang dibeli di pasar ada pula yang dibuat sendiri. Bahan untuk membuat lampu adalah bekas kaleng cat beraneka ukuran, ada yang kecil dan ada pula yang ukuran besar. Sumbunya dibuat dari bahan kain. Setiap saat kami harus mengisi minyak tanah ke dalam kaleng tersebut. Lampu teplok berbahan kaleng cat ini tidak memakai semprong sehingga lampu mudah mati jika tertiup angin. Penduduk yang mampu baru bisa membeli radio transistor  yang menggunakan baterai. Demikian pula mereka yang memiliki pesawat televisi sumber listriknya berasal dari aki mobil. Jika aki sudah habis harus di charge ke kota.
Listrik mulai masuk desaku sekitar tahun 1975 an. Setelah ada program listrik masuk desa keadaan kampung mulai berubah. Selain jalan dan rumah sudah terang benderang maka penduduk sudah mulai membeli aneka perlengkapan rumah tangga. Kini sudah banyak penduduk kampung yang memiliki kulkas, kipas angin, radio,compo, tape recorder, televisi, setrikaan, alat penanak nasi (magic jar), dispenser, dan sebagainya. Hidup terasa menjadi semakin mudah dan indah. Untuk menyeterika misalnya,kami tak perlu lagi bersusah payah menyalakan arang karena sudah tersedia setrika listrik. Demikian pula jika akan menank nasi, kaum wanita tidak lagi harus membeli dan menyalakan kayu bakar karena sudah ada magic jar.Jika ingin minum es teh kami pun tak harus membeli es balok karena kulkas sudah bisa memproduksi es batu. Memang pada awal listrik masuk desa distributor alat listrik   masih belum terlalu banyak sehingga kami harus berbelanja kebutuhan tersebut di kota. Tetapi keadaan sudah semakin membaik.
Untuk membeli perlengkapan rumah tangga yang menggunakan tenaga listrik dan juga membeli alat listrik kini sudah semakin mudah. Di kampung sudah ada toko yang menjualnya. Untuk membeli kabel, bohlam, sakelar, stop kontak, rumah bohlam, dan lain-lainnya cukup membeli di kampung. Sementara untuk memperoleh alat yang lebih komplit kami masih harus belanja ke kota. Untunglah sekarang sudah ada toko yang menjual alat listrik secara online.Ini tentu sangat menguntungkan karena penduduk yang tinggal di pedesaan sudah tidak perlu harus bepergiaan ke kota yang cukup jauh untuk berbelanja alat listrik.
Manfaat listrik bagi kehidupan manusia sudah dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat di perkodaan maupun di pedesaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar