Jumat, 28 November 2014

hubungan antar muka

hubungan antar muka
Bila beberapa bentuk saling berhubungan, terjadi ikatan antara bentuk tersebut. Keadaan permukaan dari bentuk molekul selalu berbeda.hubungan ini disebut hubungan antar muka.
Sifat hubungan antar muka ini banyak manfaatnya. Sebagai contoh hubungan antar muka: bentuk cair dengan gas, cairan dengan padatan, padatan dengan padatan, padatan dengan gas. Hubungan ini sangat dipengaruhi oleh suhu dan tekanan antar muka.
Hubungan antar muka ini banyak kepentinganya terutama dalam pembuatan obat dan pengobatan
Sebagai contoh sifat granule, pembuatan tablet lapis, pembuatan emulsi dan suspensi, serta pengobatan diare, dan penyerapan macet.

Tegangan permukaan
Permukaan dan tegangan permukaan
Dalam keadaan cair zat tersusun sebagai molekul yang mempunya daya tarik menarik yang sama.karena pada permukaan, cairan berhubungan dengan udara atau bagian samping berhubungan dengan permukaan wadah, terjadi hubungan dengan molekul berbeda serta tegangan permukaan berbeda, kemungkinan terjadi tarik menarik atau saling tolak menolak. Daya tarik ini disebut adhesi sedangkan pada molekul cairan disebut kohesi.
Masing-masing cairan mempunyai kekuatan yang disebut dengantegangan permukaan.tegangan permukaan ini merupakan kekuatan yang ingin mempersatukan masing-masing molekul untuk menyatu membentuk volume yang sekecil kecilnya, maka dari itu tetesan cairan yang menetes selalu berbentuk bulat karena volume yang terkecil ada bulatan.
Karena masing-masing cairan mempunyai tegangan permukaan yang berbeda, maka cairan satu dengan yang lain dapat bercampur atau tidak mau bercampur tergantung pada perbedaan tegangan permukaan masing-masing zat. Keadaan ini menyebabkan cairan dapat membasahi atau tidak membasahi permukaan. Tegangan permukaan merupakan kekuatan per luas permukaan.
Mengukur tegangan permukaan
Untuk mengetahui adanya tegangan permukaan dan besarnyategangan permukaan dengan cara:
1.      Metoda kenaikan kapiler
Digunakan tabung kapiler yang dimasukkan kedalam cairan.maka cairan di dalam kapiler kemungkinan permukaanya lebih tinggi atau lebih rendah tergantung cairannya. Air lebih tinggi dari permukaan cairan di wadah dan bentuk permukaan cekung ini karena air membasahi gelas. Air raksa permukaannya lebih rendah di dalam tabung daripada didalam wadah, karena air raksa tidak membasahi gelas
2.      Metode cincin du nay
Cincin du nay merupakan timbangan dengan dilengkapi cincin dari logam platina atau kadang-kadang diganti dengan gelas kaca yang tebal agar permukaan luas. Jika dimasukkan cincin tersebut pelan-pelan pada permukaan cairan, neraca tidak setimbang lagi seolah-olah cincin atau kaca didorong oleh permukaan cairan, agar seimbang kembali perlu penambahan anak timbangan, tergantung kepada jenis cairan.

Koefisien penyebaran
Bila minyak kita tuangkan dalam air maka minyak akan menyebar di permukaan air membentuk bulatan-bulatan seperti lapisan film.
Adanya daya kohesi dan adhesi  atas permukaan menyebabkan terjadinya sedut kontak yang besarnya berbeda. Ini terlihat apabila cairan diteteskan pada suatu permukaan.
Bila cairan membasahi, maka sudut kontak kecil namun bila cairan berwujud tetesan, maka sudut kontak besar.
Besarnya sudut kontak tergantung kepada besarnya tegangan permukaan natara cairan dan permukaan dimana cairan diteteskan.
Surfaktan
Air tidak bercampur dengan minyak. Bila bulu ituk tidak terbasahi didalam air karena bulunya dilapisi minyak. Bila disabun maka akan basah hal ini karena minyak mempunyai tegangan permukaan yang berbeda dengan air. Dengan adanya sabun maka perbedaan tegangan permukaan dapat diturunkan sehinga air dapat bercampur dengan minyak. Maka sabun disebut sebagai zat yang dapat menurunkan tegangan perumkaan (surface active agent). Hal ini disebabkan sabun mempunyai gugus yang suka air yang suka minyak xat ini disebut ampifilik.
HLB : hydropil lypofil balance. Sifat suka air dan suka minyak disebut surfaktan. Karena mempenyai keseimbangan gugus  suka air dan minyak yang disebut HLB
Penggunaan surfaktan : membuat emulsi,suspensi, spon mencuci, sebagai anti busa serta peningkatan kelarutan.
Adsorbsi pada permukaan padat
 Adsorbsi pada permukaan padat terjadi terhadap cairan,gas maupun padat dengan padat
1.      Adsorpsi gas dan padat : prinsip yang digunakan proses penghilangan bau ruangan, pengukuran ukuran permukaan partikel
2.      Adsorpsi cairan-padat : prinsip yang digunakan pada proses menghilangkan warna cairan, kromatografi, mencuci, pembasah padat
3.      Adsorpsi gas-padat : adsorpsi ini tergantung pada zat padat sebagai pengadsorpsi, yaitu luas permukaan, tekanan gas dan suhu. Arang aktif yaitu arang yang dipanaskan, mempunyai adsorpsi yang kuat. Maka digunakan untuk menyerap mikoorganisme pada penyebab diase atau menghilangkan cairan menjernihkan air minum. Kaolin digunakan pada prinsip pengobatan sakit perut untuk menyerap bakteri (mikoorganisme penyebab sakit). Didalam kombinasi obat perlu hati-hati. Beberapa alkoloida atau obat-obat yang takarannya kecil tidak boleh dicampur dengan carbo adsorben karena fungsi obat akan hilang akibat carbo adsorben.
4.      Adsorpsi cairan-zat padat : adsorpsi ini perlu diperhatikan terutama zat-zat yang bersifar higroskopis yang akan mencerap uap air akibatnya obat-obat menjadi basah. Penggunaan surfaktan sebagai pembasah,sebagai pembasah surfaktan digunakan untuk memudahkan pembuatan suspensi terhadap zat-zat yang sulit dibasahi. Tablet yang perlu ditambah surfaktan : saponin,sapamin,sodium lauril sulfat. Penggunaan surfaktan sebagai anti busa, busa adalah gas yang terperangkap didalam tabungyang elastis.penambahan surfaktan sebagai aiti busa yang dapat memecah gelembung gas. Prinsip ini digunakan untuk menghilangkan busa pada wkt mncuci (molto anti busa). Pada pengobatan digunakan flatulen (mis,simeticon pd obat antasida)
5.      Adsorpsi padat-padat : keadaan adsorbsi antar permukaan terjadi proses caking pada suspensi. Adsorpsi tergantung pada luas permukaan. Antar permukaan terjadi energi bebas pada permukaan. Antar partikel saling tarik menarik. Daya tarik menarik ini dipengaruhi oleh luas permukaan partikel. Semakin kecil partikel semakin luas permukaanya. Daya tarik menarik antara permukaan ini menyebabkan partikel mengalir membentuk partikel lebih besar,terjadi peningkatan bobot jenis, maka kestabilan suspensi akan terjaga. Pengaruh hubungan antar muka terhadap sifat aliran adalah semakinkecil pertikel maka daya tarik menarik antara permukaan semakin besar. Karena daya tarik menarik semakin besar, maka sifat aliran semakin menurun. Ini penting pada pembuatan tablet dan pengisisan kapsul, maka sebelumnya dibuat bentuk granul untuk meningkatkan BJ dan ukuran partikel agar pengisian kapsul dan bobot tablet seragam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar