Jumat, 28 November 2014

Makalah Difusi Obat dalam Tubuh_Farmasi Fisika

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dunia farmasi senantiasa memperbaharui sediaan obat supaya mampu menjadi suatu produk yang berkualitas, baik dari segi kesetabilan obat maupun efek yang ditimbulkan. Sudah sepantasnya, sebagai seorang farmasis kita harus selalu menggali informasi terkini mengenai teknologi obat dari berbagai segi.
Diantara semua sifat dan reaksi yang penting untuk kita ketahui bersama yang paling kami soroti disini yaitu mengenai difusi suatu zat. Dimana ini merupakan suatu tahapan yang yang sangat berperan penting dalam menentukan hasil suatu efek obat dalam tubuh manusia. Dalam mengambil zat-zat nutrisi yang penting dan mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan, sel melakukan berbagai jenis aktivitas, dan salah satunya adalah difusi, yakni suatu proses perpindahan massa molekul suatu zat yang dibawa oleh gerakan molekular secara acak dan berhubungan dengan adanya perbedaan konsentrasi aliran molekul melalui suatu batas. Difusi akan terus terjadi hingga seluruh partikel tersebar luas secara merata atau mencapai keadaan kesetimbangan dimana perpindahan molekul tetap terjadi walaupun tidak ada perbedaan konsentrasi. Lalu bagaimana jika kesetimbangan ini tidak tercapai?
Melihat pentingnya difusi dalam suatu sediaan maka dibuatah makalah ini sebagai suatu manfaat dan pengetahuan bagi para farmasis.
1.2 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu :
1. Memenuhi tugas mata kuliah Farmasi Fisik
2. Mengetahi dan memahami difusi dalam dunia farmasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar