Fitur Lampu Hazard. Buat Apaan Sih?
Tuesday, 8 July 2014
Brosis, beberapa waktu lalu PT AHM Resmi meluncurkan Varian terbaru dari segmen maticnya nih. Apalagi kalau bukan All New Honda PCX yang dijejali beragam fitur baru. Salah satunya adalah Fitur Lampu Hazard yang merupakan fitur standar dari motor Matic Premium ini.
Soal lampu Hazzard sih, WLH yakin Brosis udah pada tahu. Fitur ini kan udah standar alias umum banget ditemukan di mobil-mobil. Kalau di motor sih, pasti kudu modifikasi flasher lampu signnya. Kecuali kalau Brosis pake All New Honda PCX.
Sayangnya, masih banyak banget orang yang salah kaprah dengan fungsi fitur yang satu ini! Sering banget tuh kita ngeliat ada rombongan motor yang berjalan beriringan saat touring dan menggunakan lampu hazard ini. Emangnya fungsinya buat jalan berombongan gitu?
Jawabannya, Salah! Lampu hazard sejatinya bikin kedua lampu sign berkedip bersama . Fungsinya untuk memberikan peringatan kepada kendaraan lain bahwa kendaraan bahwa kendaraan Brosis sedang mengalami masalah. Dan fitur ini cuma boleh dinyalakan saat keadaan berhenti lho!
Bahkan hal tersebut tertulis dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1 yang menyatakan, ”Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan”. Nah tuh, peringatannya jelas lho Brosis!
Fungsi Lain dari lampu sign yang menyala bersamaan ini bisa untuk pengaplikasian alarm pada kendaraan bersamaan dengan bunyinya klakson. Nah di All New Honda PCX ini, saat menggunakan alarm dan juga fitur answer back system-nya, otomatis lampu sign bakal menyala bersamaan agar Brosis langsung tahu dimana letak motor Brosis. Asik kan!
So, jangan sampai salah kaprah dalam menggunakan fitur lampu hazard yah Brosis. Emang sih kalau mau belok wajib pakai lampu sign. Tapi bukan berarti kalau lampu sign nyala bareng itu artinya lurus. Brosis kalau gak nyalain lampu sign kan udah jelas banget kalau mau jalan lurus tuh!
Lalu ada juga yang salah kaprah menggunakan lampu hazard saat hujan atau berkabut. Yang ada malah bikin bingung pengguna jalan di belakang karena saat lampu hazard dinyalakan, lampu sein tidak berfungsi. Trus kalau Brosis mau belok, malah jadi beresiko.
So, pahami kegunaan lampu hazard yah Brosis! Jangan maksa modif lampu signnya biar bisa jadi lampu hazard karena mentang-mentang doyan touring. Modif lampu hazard sih gak emang nggak dilarang. Asal penggunaannya tepat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar